Lebih Kenal Dengan Al-Aqsha - Artikel - Book - Software - SMKN 1 Gambut
Sabtu, 2016-12-03, 01:01:44
Welcome Guest | RSS

ŠӍҚЙ 1 ǤǺӍBƯҬ™
Software, Artikel, Forum, Photo, Social Network, Education, Iklan, Video, Berita, Blog.
E-Mail

Site menu
Section categories
Iklan
Iklan

Software

Main » Ad Board » Book » Artikel

Lebih Kenal Dengan Al-Aqsha
Sharing | 2012-07-23, 08:39:52
Sekarang saya akan share Artikel tentang "Lebih Kenal Dengan Al-Aqsha" ya mesjid ini berada di Palestina , sekarang Mesjid ini teracam ya pasti kalian tau... Israel telah menyerang palestina , jujur aku pernah Menangis meliat keadaan mesjid ini dan saudara saudar muslim kita di bunuh oleh orang Yahudi.... sering kali aku ingin membantu, tapi tak bisa hanya do'a yang ku berikan kepada penduduk Palestina...langsung azha baca artikelNya.....





LEBIH KENAL DENGAN AL-AQSHA

     Ekstrimis Yahudi menyerbu Masjid Al-Aqsha September lalu. Kejadian ini makin menambah deretan panjang daftar musuhan kaum Yahudi terhadap masjid Al-Aqsha. Dari mana mereka merangsek dan menginjak-injak kehormatan kiblat pertama kaum muslimin tersebut?

      Pada mulanya, 11 Juni 1967, Israel menghancurkan perkampungan Al-Magharibah yang terletak di sebelah tembok barat Masjid. Sebanyak 650 Muslim di usir dari perkampungan yang diwakafkan oleh pahlawan islam Shalahuddin Al-Ayyubi di abad ke-13 M. Dengan Penghancuran Al-Magharibah, Yahudi menguasai tembok barat masjid (tembok buraq), yang mereka sebut sebagai Tembok Ratapan. Dari pintu inilah, serbuam polisi dan ekstrimis Yahudi ke Masjid Al-Aqsha selalu dating.

      Dimanakah Pintu Al-Magharibah itu, dan apa saja situs-situs bersejarah lainya di kompleks Masjid Al-Aqsha? Berikut Laporan lengkap tentang selu beluk tempat suci ketiga setelah Ka’bah di Mekah dan Masjid Nabawi di Madinah itu. (perhatikan Nomor)

Komplek Masjid Al-Aqsha

1.       Masjid Al-Aqsha

     Masjid Al-Aqsha adalah nama untuk seluruh lokasi yang berada di dalam pagar, di ujung tenggara Kota al-quds lama. Dalam Komplek ini terdapat Qubbah shakhrah (Kubah batu, sebuah bangunan berkubah emas) yang terletak di tengah komplek, Mushalla al-qibli  (Berqubah Perak hitam) yang terletak di ujung selatan komplek, dan lebih dari 200 situs bersejarah lain, yang berbentuk masjid, kubah , saluran air,  tempat belajar, pepohonan, mihrab, mimbar, menara adzan, pintu, sumur air, perpustakaan, dan sebaginnya.

2.       Luas Area

      Luas Masjid Al-Aqsha sekitar 144.000 m2. Area ini menempati seperempat kota Al-Quds Lama. Pagar bagian barat sepanjang 462 m, pagar utara 310m, pagar selatan 281 m. Batas berbentuk pagar ini tidak mengalami perluasan atau pengurangan sejak mesjid ini dibangun dan digunakan shalat untuk pertama kalinya.

3.       Kondisi Saat ini

      Sebenarnya Bagian Perkantoran dan Keuangan Masjid Al-Aqsha dikordinasi oleh Direktorat Wakaf Islam di bawah pengelolahab Departemen Wkaf dan Teman – Teman suci kerajaan Yordania. Namun kondisi masjid Al-Aqsha yang sedang di boikot, dan berada di bawah kendali Zionis Israel yang telah menjajah Al-Quds Lama sejak tahun 1967, saat ini ia berada dalam kondisi yang memprihatinkan.

       Di Lain Pihak, Pemerintah Israel, meski tidak terang-terangan, mendukung klaim Zionis bahwa Al-Aqsha terletak di wilayah yang mereka sebut dengan Sinagog Haikal. Mereka katakana, Israel tidak ada artinya tanpa Yerusalem, dan Yerusalem tidak ada artinya tanpa Sinagog Haikal. Pernyataan ini di sampaikan oleh perdana Menteri Pertama Israel David Ben Gurion. Karena itu, Masjid Al-Aqsha selalu dalam kondisi bahaya. Salah satu bagian temboknya, yaitu tembok buraq, direbut paksa untuk dijadikan tembok Ratapan. Umat islam dilarang mendekat ke bagian tembok itu. Al-Aqsha juga selalu di ancam dengan upaya pembakaran, penghancuran, dan penggalian terowongan-terowongan yang berada di bawah pondasinya. Perbuatan ini menyebabkan sebagian tembok Masjid Al-Aqsha retak. Kebebasan umat islam untuk shalat, merenovasi, atau membangun Al-Aqsha selalu di kekang kaum Zionis.

4.       Komposisi Masjid Al-Aqsha.


     Sebagian umat Islam menganggap bangunan berkubah emas (Qubbah Shakhrah) itu adalah Masjid Al-Aqsha. Padahal yang disebut masjid Al-Aqsha adalah semua yang ada di dalam pagar, antara lain :

1.       Bangunan Masjid Al-Aqsha Al-Mubarak

    Bangunan ini sebenarnya bukan Masjid Al-Aqsha itu sendiri. Dinamakan  demikian sebagai perumpamaan saja. Dulu, bangunan ini dinamakan Jami’, atau Masjid Ar-Rijal. Bangunanan Masjid yang ada sekarang, dibangun pada masa khalifah Bani Umayyah Abdul malik bin Marwan.

2.       Pojok Bagian Tenggara

    Bagian ini merupakan batas tengara Masjid Al-Aqsha dan merupakan bagian pagar yang paling tinggi.

3.       Mushalla mawarni

     Setelah dibersihkan dan diperbaiki, mushalla ini dialasi marmer oleh aktivis Hamas pimpinan Syekh Raid Shalah. Mushala ini dibuka untuk shalat pada musim panas tahun 1998. Pekerjaan  Tersebut merupakan proyek pembangunan terbesar di Masjid Al-Aqsha sejak Ratusan tahun. Kaum Yahudi berusaha menguasai Mushala Mawarni dan membangun Sinagog Haikal di tempat itu, Sekaligus menjadikannya sebagi pintu masuk menuju Haikal yang mereka klaim Pengugunaan Mushalla Marwani untuk sholat, melenturkan semangat Zionis untuk menguasai bangunan itu Kedatangan Sharon ke Masjid al-Aqsha beberapa tahun lalu, khusus untuk mendatangi Mushalla Mawarni dan Tangga besar yang dibangun sebagi pintu masuk utama.

4.       Tangga Mushalla mawarni.

     Di tempat ini, Hamas menggali dan menemukan tujuh teras Mushalla Mawarni dan mengeluarkan ribuan ton tanah. Mereka membangun tangga besar memanjang yang sesuaikan dengan Mushalla tersebut.

5.       Qubbah Ash-Sakharah Al-Musyarrafah

     Bangunan Qubbah Ash-Sakharah adalah salah satu Masjid di komplek Masjid Al-Aqsha. Banguna tercantik di komplek ini dibangun oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwan  dari dinasti Umawiyyah. Sebut menggunakan pajak Mesir selama tujuh tahun, yang khusus dialokasikan untuk pembangunan qubbah. Di dalam Qubbah Ash-Sakharah terdapat batu yang digunakan RasulAllah SAW untuk bertolak dalam peristiwa Mi’raj menuju Sidratul Muntaha.

6.       Istana-Istana Dinasti Umawiyyah

    Dibawah bekas bangunan dan halaman istana ini, penggalian-penggalian menuju arah Masjid Al-Aqsha dilakukan. Pada 1999, Pemerintahan Ehud Barak membangun tangga hingga komplek Masjid Al-Aqsha, tepatnya tembok Mushalla Mawarni atau batas selatan Masjid Al-Aqsha. Tangga itu diresmikan sendiri oleh Ehud Barak yang mengklaim bahwa tempat ini adalah pintu menuju Haikal.

7.       Pojok Khuntsaniyyah

    Yaitu Bangunan terujung dibagian selatan komplek Masjid Al-Aqsha. Bangunan ini dulunya dijadikan pintu bagi para amir dan khalifah  yang memasuki Masjid Al-Aqsha dari istana mereka.

8.       Pojok Barat Daya

    Bagian ini merupakan batas batas Daya Masjid Al-Aqsha.

9.       Fakultas Dakwah dan Ushuluddin

    Dulu, bangunan yang terletak di bagian selatan mesjid Al-Aqsha ini digunakan sebagai madrasah. Kemudian hingga 1993, tempat tersebut di fungsikan untuk Fakultas Dakwah dan Ushuluddin. Sedang kini, digunakan untuk perpustakaan masjid Al-Aqsha. Tempat ini pernah ditutup oleh pemerintah Zionis saat terjadi Intifadhah pertama.

10.   Museum Islami

     Dalam museum tua ini terdapat banyak peninggalan pemerintahan Isalam yang pernah berkuasa di Baitul Maqdis. Di dalam museum juga terdapat sisa mimbar Nuruddin Zanki yang dibakar oleh seorang Zionis asal Australia, Michael Rohan, Pada tahun 1969.

11.   Pintu Al-Magharibah

    Terletak di bagian barat masjid Al-Aqsha, sejajar dengan tembok Buraq yang di klaim Yahudi sebagi Tembok Ratapan. Dulu, Pintu ini digunakan sebagai pintu masuk menuju perkampungan Al-Magharibah yang kini sudah tak ada lagi. Kaum yahudi menguasai Al-Quds serta mengusir dan membunuh penduduk perkampungan Al-Magharibah itu. Sebagai gantinya, di lokasi itu berdiri perkampungan Yahudi. Saat tragedy pembantaian umat islam Al-Aqsha pertama (8 Oktober 1990), Kaum Yahudi menutup pintu Al-Magharibah Alasanya, Kaum Muslimin yang masuk dari sana dapat menimbulkan bahaya besar bagi orang Yahudi yang sedang menjalani ritual di Tembok Ratapan. Seperti di sebutkan, Serangan Polisi Israel ke Masjid Al-Aqsha selalu Datang Dari Pintu ini.

 

12.   Tembok Buraq

     Di tempat ini dulu Rasulullah S.A.W mengikat kendaraan Buraqnya. Yahudi menamakanya Tembok Ratapan dengan alasan itu adalah bagian yang tersisa dari Haikal Sulaiman yang mereka klaim.

 

13.   Pintu Silsah

      Pintu ini salah satu pintu terbesar dari arah pasar. Di bawahnya, terdapat terowongan yang oleh orang Yahudi diberi Hasyumunaim. Terowongan ini memanjang mulai dari tembok Buraq hinga batas Barat Laut Masjid Al-Aqsha.

 

14.   Sekolah Al-Umariyyah

       Terletak di bagian utara masjid Al-Aqsha dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari komlplek masjid itu. Kaum Yahudi berusaha menguasainya untuk di bangun sinagog.

15.   Batas Barat Laut

       Batas ini terletak di perkampungan kaum Muslimin.

 

16.   Batas Timur Laut

       Terletak di samping pintu Asbath.

 

17.   Pintu Asbath

       Terletak di bagian utara Masjid Al-Aqssha. Pintu ini sekarang menjadi pintu utama bagi orang yang akan menunaikan shalat. Utamanya bagi kaum muslimin yang berasal dari luar Al-Quds setelah pintu Al-Magharibah di tutup. Bus dan mobil hanya bisa masuk lewat pintu ini.

18.   Gerbang Ar-Rahmah

      Salah satu gerbang masjid Al-Aqsha ini di tutup oleh Shalahuddin al-Ayyubi, karena di jadikan pintu masuk bagi kaum salib untuk menyerbu Al-Aqsha. Di luar gerbang ini, terdapat Kuburang Ar-Rahmah.

19.   Kuburan Ar-RAhmah

      Di tempat ini , dimakamkan sahabat Syadad bin Aus dan Ubadah bin Shamit radliyallahu’anhuma. Area pemakaman ini masih dipakai hingga sekahttp://smkn1gambut.ucoz.com/board/0-0-0-0-1rang. Para syuhada korban pembantaian Yahudi di Al-Aqsha dimakamkan di tempat ini.

20.   Pemakaman islam

21.   Dan 22. Pemukiman Muslimin di Bagian Barat dan Utara

     Sebagian bagunan di kedua tempat ini dikuasai dengan paksa oleh kaum Yahudi. Kini menjadi sinagog-sinagog tempat peribadatan kaum yang telah mencaplok Palestina dan tanah suci umat Islam itu. Faris Khoirul Anam

 

 

Sekian dari Artikel saya tentang Mensjid Al-Aqsha… semoga saudara – saudara yang telah wafat di bunuh oleh kaum yahudi masuk Surga dan amal"Nya di Terima Allah S.W.T …amien….


Salam dari saya Muhammad 2 TKJ

Download Artikel ini dalam Format Docx



Bila Terjadi kesalahan atau link Download sudah Mati, anda Bisa Hub :
: sicklon@gmail.com : Sicklon Kz : @Sicklon_kz Atau Komentar, untuk Merepair Secepatnya
Added by: sicklon |
Views: 14753 | Placed till: 2012-08-23 | Rating: 0.0/0 | |
Total comments: 2
0   Spam
1 isabel marant sneakers price   (2012-09-16 01:42:37)
isabelle marant sneaker
isabel marrant shoes
isabel marant booties
http://www.isabelmarantshoesale.com/#isabel-marant-spring-2011
isabel marant ankle boots
isabel marant online shop
isabel marant london
http://www.isabelmarantshoesale.com/manly-boots-c-6.html
isabel marant spring 2011
isabel marant london

0   Spam
2 swarovskisalecbq   (2012-09-24 21:59:30)
ooj wap iqg cco swarovski pendants online
swarovski rings clearance
[url=http://www.swarovskiukstore.com/]swarovski elements jewellery design awards 2010
[/url] swarovski outlet online store
swarovski lucky you uk
xwo tkd http://www.swarovskiukstore.com/tag.html mzz cof

Only registered users can add comments.
[ Registration | Login ]
Libur Puasa 2012

Pencarian :

Iklan
Wasiat Guru Sekumpul
1. Menghormati Ulama.
2. Baik Sangka Terhadap Muslimin.
3. Murah diri.
4. Manis Harta.
5. Manis Muka.
6. Jangan Menyakiti Orang.
7. Memaafkan Kesalahan Orang.
8. Jangan Bermusuh-musuhan.
9. Jangan Thoma.
10. Berpegang Kepada Allah Ta’ala kabul segala hajat.
11. Yakin Keselamatan itu ada pada yang benar.
12. Jangan merasa baik dari pada orang lain.
13. Tiap-tiap orang iri, dengki atau adu asah jangan dilayani serahkan saja pada Allah Ta’ala.
Statistics

Total online: 1
Guests: 1
Users: 0
Iklan
TibiaME - Kz

Copyright MyCorp SMK Negeri 1 Gambut © 2011 - 2016



/font>